Tottenham Akhiri Kebersamaan dengan Mauricio Pochettino

By Abdi Satria


nusakini.com-London - Tottenham Hotspur memecat Maurico Pochettino dari kursi manajer. Performa buruk The Lilywhites menjadi penyebabnya. 

"Klub hari ini dapat mengumumkan bahwa Mauricio Pochettino dan staf pelatihnya Jesus Perez, Miguel D'Agostino dan Antoni Jimenez telah dibebaskan dari tugas mereka," demikian pernyataan Tottenham pada Rabu (20/11) dini hari WIB. 

Pochettino melatih Tottenham sejak 2014. Musim lalu, ia mengantar klub menjadi runner up Liga Champions setelah dikalahkan Liverpool di final, dan finis di peringkat keempat Liga Inggris.

Namun musim ini, penampilan Tottenham memburuk. Harry Kane dkk sementara berada di peringkat ke-14 klasemen Liga Inggris setelah baru meraih tiga kemenangan, lima hasil seri, dan 4 kali kalah. 

Di Liga Champions, Tottenham juga masih berada di peringkat kedua Grup B dengan raihan 7 poin. Tottenham juga sempat dibantai 2-7 oleh Bayern Munich. 

Pochettino, yang juga sempat melatih Espanyol dan Southampton, sudah memimpin 293 laga Tottenham. Rinciannya, ia meraih 159 kemenangan, 62 imbang, dan 72 kalah, dengan persentase kemenangannya 54,3%.

Bos Tottenham, Daniel Levy, menilai performa buruk klub tidak bisa ditolerir. Ia menyebut keputusan ini sedianya sulit diambil.

"Ini bukan keputusan yang diambil dewan dengan mudah, juga tidak tergesa-gesa. Hasil di liga domestik yang disayangkan pada akhir musim lalu dan awal musim ini sangat mengecewakan.' ujar Levy.(d/ab)